hey bertemu lagi diposting mingguan bersama thalia mufida, langsung dari.......dari mana aja boleee-_-
anda2 tau gimana rasanya hidup tanpa hp? saya sudah tau rasanya loooh (y). kemaren seharian saya gak megang hp SAMA SEKALI. yupsi hp saya disita. kalo menurut saya sih sehari tanpa hp biasa2 aja ya, soalnya saya emang jarang megang hp. paling inget hp kalo lagi bosen doang. kerasa sih bedanya, kantong saya rasanya kosong gitu.
kembali ke kejadian hp disita. ya jadi begini kisahnya, kan di labschool udah dibikin peraturan gak boleh bawa hp berkamera, tapi anak2 tetep aja bawa hp bagus, macam bb. ada beberapa yg ketangkep, tapi gak banyak. nah abis peraturan gak guna itu dibuat, ada lagi peraturan baru yang nyuruh murid2 ngumpulin hp nya ke ketua kelas pas jam pelajaran.
pagi itu pelajaran pak amir abis tadarus pak amir bilang "hp udah dikumpulin belom?" kita bilang belom. nah terus pak amir ceramah gt tentang kejujuran, katanya (dengan logat kebatak2an ala pak amir) "kalau kamu bawa hp kamera kumpulin aja, dari pada nanti kamu gak ngumpulin terus tertangkap oleh guru, lalu disita. jadi saya mohon yang hari ini bawa hp kamera kumpulin aja, saya hargai kejujuran kamu" ya kalo udah kyk gt kan anak2 mau boong juga gaenak kan. akhirnya kita jujur. kita kumpulin hp yang berkamera. kan kirain kita gak bakal disita ya, soalnya kan pak amir baik, terus bijaksana geto -_-.
ternyata eh ternyata hp2 yang ada kamera nya dikasih ke pak rosiman. terus singkat ceritanya hp nya disita gitu deh, terus ya kita pada sedih2 gitu kan uhuhuhuh. kata pak rosiman kalo mau hpnya balik orang tua harus dateng ke wali kelas. ya tapi pak dedi kan orangnya baik hati, jadinya dikasih keringanan, hp nya bisa balik kalo orang tua udah nandatanganin surat pernyataan.nah abis itu udah deh beres!
ya inti dari cerita ini, guru gak ngehargain kita yang udah jujur. kelas lain masih banyak yang ngumpetin hp kamera. kalo kayak gini sama aja kayak kita diajarin buat bohong. ya abis jujur malah di kayak giniin, mending bohong kan? kalo mau adil ya lansung aja bikin razia dadakan, gausah pake sok sok "step by step" deh. terus kalo mau anak2nya matuhin peraturan harusnya gurunya juga dong. jadi ya biar seimbang gurunya juga pake hp yang gak berkamera.
udah ah saya pusing nih posting tentang ini. bubye
About Me
21.1.10
hp oh hp
15.1.10
corel draw
CorelDraw 12 merupakan salah satu software desain grafis yang sangat terkenal. Berbagai fasilitas untuk mendesain tersedia di sini sehingga memudahkan para penggunanya untuk memanfaatkannya. CorelDraw 12 dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari membuat brosur, membuat pamphlet, surat undangan, majalah, brosur dan cover buku yang menarik.
Supaya dapat membuahkan hasil yang menarik, diperlukan latihan-latihan. Sebagai bahan latihan, akan saya paparkan tips & triks menggunakan coreldraw. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua…
1. Membuka Corel Draw
Klik Start à All Programs à pilih CorelDRAW Graphics Suite 12 à Klik CorelDraw 12.
Cara lain: Klik shortcut di desktop yang bertuliskan CorelDraw 12.
1. Tampilan Corel Draw
o Menu utama (1) à terdiri dari menu-menu untuk mengoperasikan CorelDraw 12.
o Standar (2) à perintah-perintah pada menu utama
o Property bar (3) à berisi tombol-tombol perintah tambahan.
o Tool box (4) à berisi alat untuk mendesain gambar.
o Ruler (5) à sebagai garis pengukur objek
o Color Pallete (6) à berisi perintah untuk memilih warna objek.
o Pages (7) à sebagai petunjuk halaman yang aktif.
o Lembar kerja (8) à halaman tampilan untuk tempat mendesain objek.
1. Menyimpan Desain File
Klik menu File à Save à tulis pada filename nama filenya à tekan Save.
1. Menutup File
Klik menu File à klik Close.
1. Menutup Program CorelDraw 12
Klik menu File à klik Exit.
1. Mengatur Ukuran/ Jenis Kertas
Klik menu File à New à klik kotak Paper Type/Size pada property bar pilih jenis kertas yang anda inginkan. Misalkan letter, legal, tabloid dsb.
1. Mengatur unit satuan
Klik Drawing Unit pada property bar untuk memilih unit satuan yang anda inginkan. Misalkan: inches, millimeters, dsb.
1. Menampilkan dan mengatur Grid
Klik menu View à Grid à garis grid akan ditampilkan.
Jika anda ingin mengubah garis grid menjadi titik-titik, klik menu View à Grid and Ruler Setup à muncul kotak dialog, pilih Show grid as dots untuk mengubah garis menjadi titik-titik.
1. Menambah halaman dalam satu file
Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 1 à Klik kanan, pilih Insert Page After.
1. Menghapus halaman dalam satu file
Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 2 à Klik kanan, pilih Delete Page Before.
1. Mengubah nama halaman dalam satu file
Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 1 à Klik kanan, pilih Rename.
1. Membuat objek segi empat
Klik Rectangle Tool pada Tool Box atau tekan F6 à pointer akan berubah menjadi tanda (+) à drag dan drop mouse pada lembar kerja à akan terbentuk persegi panjang.
Jika anda ingin membuat persegi/ bujur sangkar, Langkah sama seperti membuat persegi panjang. Hanya saja pada saat drag tombol kiri mouse sambil tekan Ctrl pada keyboard.
Jika ingin sudut dari segi empat di atas berbentuk melengkung (tidak siku) maka caranya adalah: tekan Pick Tool pada Tool Box à pilih objek segi empat tersebut à Klik Shape Tool (atau tekan F10) à Arahkan pointer pada sudut segi empat lalu drag (geser sedikit) dengan menekan tombol kiri mouse.
1. Membuat objek lingkaran
Klik Ellipse Tool pada Tool Box atau tekan F7 à pointer akan berubah menjadi tanda (+) à drag dan drop mouse pada lembar kerja à akan terbentuk lingkaran.
Jika anda ingin mengubah lingkaran menjadi variasi yang berbeda, Langkahnya drag lingkaran tersebut à klik Shape Tools pada Tool Box. Jika ingin bentuk pie, drag-lah lingkaran dari dalam. Jika ingin bentuk arc, drag-lah lingkaran dari luar.
1. Membuat objek polygon
Klik Polygon Tool atau tekan Y à arahkan pointer yang berbentuk (+) ke lembar kerja à tekan tombol kiri mouse geser secara diagonal sambil tekan tombol Ctrl pada keyboard à terbentuklah polygon segi lima.
Untuk menambah atau mengurangi segi tersebut, gunakan fasilitas Number of Point on Polygon à klik segi yang dikehendaki (missal 3) à akan terbentuk segitiga.
Untuk mengubah polygon menjadi bentuk bintang, lakukan langkah berikut. Drag segi lima à tekan shape Tool à arahkan pointer ke objek tersebut di antara dua segi yang berpotongan à tarik kedalam à terbentuk segi lima menjadi bintang.
1. Membuat objek spiral
Klik ke Polygon Tool à pilih Spiral Tool atau tekan A à pada lembar kerja klik dan geser tombol kiri mouse sambil tekan tombol Ctrl pada keyboard à terbentuklah spiral.
1. Membuat objek table
Klik polygon Tool à klik Grap Paper Tool atau tekan D à tekan dan geser tombol kiri mouse pada kanvas à terbentuklah table
1. Menggunakan Freehand Tool
Klik Freehand Tool pada Toolbox à pada kanvas klik tombol kiri mouse à drag kearah yang diinginkan à jika sudah sesuai keinginan, tekan tombol Esc pada keyboard untuk mengakhiri.
Apabila ingin melengkungkan garis, klik Shape Tool à tempatkan pointer pada garis yang ingin dilengkungkan à klik kanan mouse à klik pilihan To Curve.
1. Menggunakan Bezier Tool
Klik Bazier Tool pada Toolbox à pada kanvas klik satu kali pointer bertanda (+) à pindah ke posisi lain à klik lagi di posisi tersebut à lanjutkan hingga sesuai dengan objek yang diinginkan.
Bila ingin melengkungkan garis dari objek di atas, klik Shape Tool à tempatkan pointer pada garis yang ingin dilengkungkan à klik kanan mouse à klik pilihan To Curve
1. Menggunakan Dimension Tool
Buatlah sebuah objek, misalkan persegi panjang berukuran 8×8,5 cm à didalamnya buatlah lingkarang berdiameter 8,5 cm à pada Toolbox, klik Dimension Tool à pada Property Bar pilih Horisontal Tool (untuk menjelaskan garis mendatar) dan pilih Vertical Tool (untuk menjelaskan garis vertical) à pada Dimension Style pilih decimal dengan satuan 0 pada Dimension Precission à pada Dimension Unit pilih cm à aktifkan Show units for Dimension à klik tombol Text Position Drop Down à klik pilihan, teks dimensi di bagian tengah garis à Posisikan pointer pada garis yang akan diberi dimensi / keterangan.
1. Menggunakan 3 Point Curve Tool
Klik 3 Point Curve Tool pada Toolbox à pada kanvas, klik point 1 à drag dan lepaskan pada point 2 àklik di point 3 à terakhir satukan point 2 dengan point 1 dengan pointer.
1. Menggunakan Smart Drawing Tool
Klik Smart Drawing Tool pada Toolbox à pada Property Bar pada Shape Recognition Level, pilih Medium dan pada Smart Smooting Level, pilih Highest. à pada kanvas, klik point 1, point 2, point3 dan point 4 à Secara otomatis akan terbentuk objek yang simetris.
Referensi:
§ 101 Tip & Trik CorelDraw 12 oleh Derry I & Jubilee, Elexmedia Komputindo.
§ CD Tutorial Interactive PROACTIVE.
posting mingguan
hella fellas, lama tak posting nih, langsung saja ya.
aturan nya pak wijaya nih: posting tiap minggu! baah. aduh udah lama nih gak posting jadi canggung hihi. aduh mau ngomong apa ya. apa aja boleeeee (?)
oiya saya udah mau sma nih udah gede ea. saya harus masuk 8 pokoknya. kenapa? soalnya 8 bagus. sebenernya saya juga gak tau sih kenapa 8 kayaknya bagus banget dan saya harus masuk 8. pokoknya doain ajalah. doain ya biar saya masuk 8, pokoknya biar sukses deh un nya.
terus apa yang akan saya lakukan di sma? aksel? tentu tidak kawan!! tapi kalo saya masuk aksel di 8 kayaknya.......keren banget. kesannya kayak "aya udah di 8, aksel lagi, keren ya". tapi kan sma katanya masa masa terindah. sma harusnya saya jalan nongkrong cari pacar, bukannya belajar di rumah sampe mabok.
ngomong2 tentang pacar, saya gak punya pacar nih lonely huuuuw. ah peduli amat sama pacar, saya single dan saya senang. pacaran bikin repot aja. hidup single!!!!!!
udah ya, gak tau lagi mau ngomong apa.
quotes of the day: "gue harus masuk 8, gak masuk 8 gak sekolah! gagitu juga deeeeng!" - dhyra
18.12.09
facebook/twitter
hey ada lagi tugas terbaru dari omjaaaay! tugas saya kali ini tentang facebook, twitter, dan berbagai jejaring sosial
1. facebook
yaampun sekarang siapa yang gak punya facebook? ibu saya aja sekarang udah punya facebook!sekarang semua nya dihubung2in sama facebook. kalo menurut saya facebook asik sih, tapi gak berkembang. maksudnya begitu begitu aja. saya masih sering buka facebook, tapi cuma liat wall, foto2, terus langsung logout. kalo dulu saya buka facebook berjam jam, main pet society lah dan semacamnya. sekarang saya mulai beralih ke twitter.
2. twitter
twitter lebih asik. orang dewasa belom banyak yg bikin twitter. jadi lebih asik. kalo saya di facebook gak bisa ngomong sembarangan, karena orang tua saya bisa ngeliat status saya. twitter lebih sederhana, cuma update status doang, tapi seru!
sudah dulu ya! dadah
12.12.09
heyhey aya mau berbagi, bercerita, dan menumpahkan segalanya!
hem mau nanya deh, emang gue muna? ya terserah lah, tapi gue merasa sangat muna jahat anjing backstabber. abis gimana ya, sekarang semua orang mulai ngomongin satu sama lain dibelakang, kalo lagi ngumpul tiba tiba ada yg ngomong "gosip yuk" itu udah susah. ada aja yg diomongin. mungkin, (cuma mungkin) kalo temen2 lagi ngumpul terus gue gak ikut, yg jadi bahan omongan nya gue. orang yang pertamanya gue pikir hidupnya bakal adem ayem aja, disenangi semua orang, juga bisa jadi bahan omongan. nah kalo satu orang udah membuka pembicaraan dengan "eh gue kok sebel ya sama si anu" pasti yang lain ikut2an. yang tadinya gak sebel, gara2 yg lain heboh ngomongin, jadi ikut sebel. ada juga yang iya iya aja padahal sebenernya dia gak ngerti apa yang diomongin, jadi tiba tiba dia ngomong "IYAAA IH APA BANGET SIH" ngomongnya kenceng bgt padahal sebenernya gak ngerti.
eh masuk ke intinya. gue minta maaf, sama orang2 yang pernah gue omongin. gue tau kok gak enak digituin. gue minta maaf ya. abis kan kadang2 gue lagi sangat bersemangat pengen gosip gt. maaf ya, maaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaf banget.
udah gitu doang posting nya. penting? sangat penting. dadah akucintakamooooooh
1.12.09
rangkuman
BAB I
MENGENAL INTERNET
I. PENGERTIAN
Internet adalah singkatan dari Interconnected network.
Internet adalah kumpulan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain dalam satu jaringan. Internet mempunyai 2 peranan yang sangat penting yaitu :
Sebagai sumber data dan informasi
Sarana pertukaran data dan informasi
Aplikasi Internet yang berkembang saat ini adalah sebagai berikut:
World Wide Web
World Wide Web atau yang sering disingkat www adalah aplikasi yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting. www merupakan dokumen internet yang disimpan di sebuah server. Dokumen tersebut dibuat dengan format hypertext dan hypermedia, yaitu Hypertext Markup Language atau biasa disingkat HTML. HTML dapat menghubungkan sebuah dokumen dengan dokumen lainnya.
E-Mail (Electronic Mail)
E-mail adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim e-mail sama saja seperti mengirim surat biasa. Kita dapat memasukkan file dokumen, gambar, dan sebagainya ke dalam e-mail.
Mailing List
Mailing list atau yang sering disebut juga milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail. Milis sebenarnya adalah bentuk lain dari e-mail. Milis mempunyai sifat yang sama dengan e-mail.
Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Newsgroup dapat dianggap seperti sebuah bulletin board. Newsgroup memungkinkan agar kita dapat mengirimkan informasi dengan cepat kepada orang-orang yang tergabung dalam sebuah kelompok.
Internet Relay Chat (IRC)
IRC adalah aplikasi yang digunakan untuk chatting di internet. Saat ini chatting di internet dapat juga menamplilkan gambar melalui webcam sehinnga kita dapat melihat orang yang sedang melakukan chatting dengan kita.
FTP (File Transfer Protocol)
FTP adalah aplikasi yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file dari computer lain. FTP memungkinkan transfer data lebih cepat.
FTP digunakan untuk mendownload atau mencari suatu file dari sebuah server internet yang menyediakan berbagai file. FTP juga dapat digunakan untuk meng-upload suatu file.
Sejarah Internet
Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 3 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
E-Commerce
E-Commerce adalah perdagangan yang memanfaatkan jaringan telekomunikasi , terutama internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada di tempat yang berjauhan dapat berkomunikasi dengan biaya yang murah.
Keuntungan dari E-Commerce bagi perusahaan adalah sebagai berikut:
Memungkinkan perusahaan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang.
Perusahaan tidak perlu membuka cabang untuk distribusi
Dapat mengurangi pengeluaran perusahaan sebab tidak perlu toko dan pegawai.
Dapat menjual barang dengan harga yang lebih murah
Meningkatkan daya saing perusahaan
Sedangkan keuntungan bagi konsumen adalah :
Tidak perlu mendatangi toko, hanya tinggal membuka web page perusahaan.
Menghemat waktu dan biaya transportasi
Mempunyai lebih banyak pilihan dengan membandingkan dengan produk lain di internet
Dapat membeli barang dari luar negeri yang mungkin belum dipasarkan di negeri sendiri
Harga barang lebih murah
E-Banking
E-Banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari tempat-tempat yang menggunakan internet. E-banking juga memudahkan nasabah sehingga tidak perlu lagi dating ke bank untuk melakukan transaksi perbankan. Keuntungan lainnya adalah nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dimana saja.
Belajar Jarak Jauh
Agar internet dapat dimanfaatkan sebagai media belajar jarak jauh yang efektif harus memenuhi beberapa factor berikut ini :
Institusi penyelenggara
Institusi penyelenggara harus memiliki komitmen yang kuat. Institusi juga harus menyediakan peralatan yang memadai untuk terselenggaranya proses belajar mengajar. Institusi juga harus menyediakan SDM dan keuangan yang cukup/
Pengajar
Pengajar harus memiliki komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi keberhasilan proses belajar mengajar. Pengajar juga harus dibekali dengan kemampuan teknis internet yang cukup dan juga dibekali pemahaman yang cukup akan system yang digunakan.
Siswa
Siswa pun harus memiliki komitmen juga dalam proses belajar. Siswa juga harus dibekali dengan kemampuan menggunakan internet
Teknologi
Teknologi yang berkembang sekarang ini memungkinkan untuk dibuatnya aplikasi untuk belajar jarak jauh melalui internet.
Keamanan Data Dalam Transaksi Internet
Hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga transaksi internet yang aman adalah sbb:
Kita harus memahami prosedur yang diberikan bank atau toko online
Kita harus memastikan telah log out dari layanan tsb sebelum menutup browser
Jangan meninggalkan apabila sedang login
Lengkapi computer dengan antivirus, karena bisa saja ada yang mengirimkan keylogger ke komputer kita
Gunakan PC untuk mengakses E-banking dan toko online.
Jaga informasi tentang nomor kartu kredit, ID, dan password milik kita.
BAB 2
Jaringan Komputer
Adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya. Dalam sebuah jaringan terdapat komputer server dan client. Komputer server berfungsi untuk melayani pengiriman data dan penerimaan data dari komputer-komputer yang ada di dalam jaringan. Komputer server juga dapat berfungsi sebagai sumber yang dibutuhkan komputer-komputer client.
Bila jaringan computer terhubung ke internet, computer server dapat juga disebut gateway.
Manfaat dari adanya jaringan komputer adalah sebagai berikut :
Membagi sumber daya
Reliabilitas Tinggi
Menghemat uang
Sarana Komunikasi
Berbagai Jenis Jaringan
Dilihat secara fisik, jaringan komputer dibedakan menjadi dua, yaitu jaringan kabel dan wireless network. Jaringan kabel adalah jaringan yang dihubungkan oleh kabel jaringan. Sedangkan wireless network adalah jaringan yang dihubungkan dengan gelombang radio.
Jika dilihat dari area yang dicakupnya, jaringan digolongkan atas 4 jenis :
LAN (Local Area Network)
LAN adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Namun sekarang LAN juga sudah ada di perumahan yang digunakan untuk koneksi ke internet.
MAN (Metropolitan Area Network)
MAN
adalah LAN dalam versi yang lebih besar, MAN digunakan untuk menghubungkan kantor yang jaraknya berjauhan.
WAN (Wide Area Network)
WAN adalah jaringan computer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. WAN dapat mencakup sebuah negara atau benua.
Internet
Internet adalah kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN yang ada di seluruh dunia. Untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut maka dibangun jaringan kabel serat optic yang menghubungkan satu benua dengan yang lainnya.
Perangkat Jaringan Komputer
Server
Server umumnya mempunyai system operasi, aplikasi dan database yang menyediakan layanan kepada computer lain dalam jaringan.
Client
Client adalah computer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server.
Kartu Jaringan
LAN Card/Kartu Jaringan adalah hardware yang dipasangkan di motherboard baik computer client maupun server.
Hub
Hub berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN Card. Hub juga berfungsi untuk menguatkan sinyal.
Kabel dan Konektor
Kabel dan Konektor adalah kabel dan jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu computer dengan yang lainnya.
Repeater
Repeater berfungsi sebagai penguat sinyal di jaringan.
Bridge
Berfungsi untuk menghubungkan LAN dengan jaringan yang lain.
Router
Berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke yang lainnya.
Komunikasi Data
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua computer yang terhubung dalam sebuah jaringan baik LAN maupun internet.
Protokol
adalah aturan-aturan yang membuat dua buah computer mengerti satu sama lain. Protokol juga dapat disebut bahasa komunikasi internet.
Salah satu protocol yang digunakan untuk area yang luas adalah TCP/IP. TCP/IP adalah sebuah kumpulan protocol yang bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data. Kelebihan TCP/IP adalah dapat mengkomunikasikan dua buah computer yang berbeda jenis dan system operasi yang digunakan
TCP/IP terdiri dari 4 layer kumpulan protocol. Masing-masing memiliki fungsi sebagai berikut :
Application Layer
Berfungsi sebagai interface antara pengguna dengan data. Pada lapisan ini terdapat semua protocol yang menggunakan TCP/IP
Transport Layer
Berfungsi untuk mengadakan komunikasi antar 2 host/computer. Protokol yang ada di lapisan ini adalah TCP
Internet Layer
Internet Layer teridiri dari IP, ARP, dan ICMP. Protokol IP berfungsi untuk menyampaikan packet data ke addres yang tepat. ARP berfungsi untuk menemukan addres hardware dari computer yang terdapat pada jaringan yang sama. ICMP digunakan untuk mengirimkan pesan dan melaporkan kegagalan pengiriman data
Network Interface Layer
Berfungsi mengirimkan dan menerima data dari media fisik jaringan.
Keamanan Data dalam Jaringan
Ada dua bentuk aktivitas terhadap jaringan computer, yaitu hacking dan cracking. Hacking adalah usaha untuk memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan system jaringan secara illegal. Cracking adalah usaha memasuki sebuah jaringan secara illegal dengan maksud mencuri, mengubah, atau menghancurkan file atau data yang disimpan di komputer-komputer yang ada di jaringan tersebut.
Ada banyak program yang digunakan hacker atau cracker, antara lain adalah IP Scanner, IP Sniffer, Network Analyzer, E-Mail Bombs, Spamming, TCP Wrapper, Password Cracking, dan sebagainya.
Beberapa metode yang digunakan hacker atau cracker adalah sebagai berikut :
Spoofing
Memalsukan identitas user sehingga dapat login ke sebuah jaringan komputer secara illegal.
Scanner
Menggunakan program untuk mengetahui kelemahan system keamanan sebuah jaringan komputer.
Sniffer
Penganalisis jaringan dan bekerja untuk memonitor jaringan komputer.
Password Cracker
Dapat membuka password yang suda dienkripsi.
Destructive Devices
Program yang berupa virus tang dibuat untuk menghancurkan data-data.
Berikut adalah beberapa teknik pengamanan data
Internet Firewall
Kriptografi
Secure Socket Later
II. APLIKASI INTERNET
II.I World Wide Web (www)
Merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting.
Dibuat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia, yaitu Hypertext Markup Language (HTML).
Halaman-halaman web yang dibuat menggunakan HTML digunakan untuk menyimpan informasi yang dapat berupa teks, gambar, animasi, audio, dan video.
II.II Electronic Mail (E-Mail / Surat Elektronik)
Digunakan sebagai sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik.
Merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat.
II.III Mailing List (Milis)
Digunakan sebagai sarana diskusi dalam satu kelompok melalui e-mail.
Setiap e-mail yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.
Mempunyai sifat yang sama dengan e-mail.
II.IV Newsgroup
Digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum.
Sarana yang mungkin digunakan dapat berupa multimedia (audio-visual) dengan menggunakan fasilitas konferensi video, dapat berupa teks saja, atau teks dan audio dengan menggunakan fasilitas chat (IRC).
II.V Internet Relay Chat (IRC)
Digunakan untuk bercakap-cakap di internet / chatting.
Dilakukan dengan cara mengetik apa yang ingin kita katakan, kemudian mengirimkannya dalam bentuk teks.
Beberapa layanan chatting telah dilengkapi dengan sarana untuk menampilkan gambar yang diambil melalui webcam.
II.VI File Transfer Protocol (FTP)
Digunakan untuk mengirim atau mengambil file ke / dari komputer lain.
Sering digunakan untuk mencari dan mengambil (download) arsip (file) dari sebuah server dan juga untuk meng-upload file situs (homepage).
II.VII Telnet
Digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh.
Dapat digunakan apabila kita mempunyai IP address serta user ID dan password dari komputer yang akan kita akses.
II.VIII Gopher
Digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet, namun hanya terbatas pada teks saja.
Harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di internet untuk mendapatkan informasi melalui Gopher.
II.IX Packet Internet Gopher (Ping)
Digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer lain di internet.
Pengecekan dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.
III. MANFAAT INTERNET
Sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi dengan cepat dan
murah.
Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi.
Sebagai media promosi.
Sarana komunikasi interaktif.
Sarana penelitian dan pengembangan.
Sarana untuk mempertukarkan data.
IV. SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET
Tahun 1960 – Departemen Pertahanan Amerika Serikat khawatir akan kemungkinan terjadinya perang nuklir. Hal ini membuat dimulainya penelitian untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki departemen pertahanan dalam satu instalasi.
Oktober 1962 – Program riset komputer di ARPA (Advanced Research Projects Agency) dengan Joseph Licklider sebagai ketua program pertama dimulai.
Tahun 1965 – Larry Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi Wide Area Network yang pertama. Dari percobaan tersebut disimpulkan bahwa jaringan telepon dapat melewatkan data, namun tidak efisien. Kleinrock memprediksikan model pengiriman paket data merupakan komunikasi antardua komputer yang paling memungkinkan.
Tahun 1966 – Bob Taylor dari ARPA menerima bantuan dana dari beberapa universitas di AS untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dari sejumlah universitas yang mendanai percobaan ini. Tiga tahun kemudian jaringan tersebut berhasil dibuat yang disebut sebagai ARPANET yang menjadi cikal bakal lahirnya internet.
Tahun 1969 – ARPANET online untuk pertama kalinya.
Juli 1970 – Januari 1971 – Beberapa universitas dan lembaga lain ikut bergabung dalam ARPANET.
Tahun 1971 – The Network Working Group menyelesaikan protokol Telnet, yang digunakan untuk mengakses sebuah komputer dari jarak jauh dan File Transfer Protokol (FTP) yang digunakan untuk mendownload file.
Tahun 1972 – Ray Tomlinson dari BBN menulis program yang dapat mengirimkan surat secara elektronik melalui ARPANET. Tomlinson menggunakan simbol @ untuk menghubungkan username dan e-mail address.
Akhir tahun 1980 – Simbol @ digunakan sebagai standar di seluruh dunia.
Tahun 1973 – Dimulai pengembangan sebuah protokol yang disebut dengan protokol TCP/IP oleh sebuah kelompok yang dipimpin oleh Vinton Cerf dari Stanford dan Bob Kahn dari DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency), yang memungkinkan dua jaringan komputer yang berbeda dapat berinterkoneksi dan berkomunikasi satu dengan yang lain.
Tahun 1986 – Internet digunakan secara terbuka untuk umum.
Tahun 1989 – Jumlah jaringan yang tergabung ke internet berkembang dengan pesat.
Tahun 1990 – ARPANET resmi ditutup.
Tahun 1993 – Dikembangkan aplikasi browsing yang disebut Mosaic oleh Marc Andreesen bersama timnya di National Center for Supercomputing Applications (NCSA). Andreesen kemudian keluar dari NCSA dan menjadi otak di belakang Netscape Corp yang kemudian membuat Netscape.
Tahun 1995 – Diperkirakan 25 juta orang telah menjadi pengguna internet.
V. E-COMMERCE (ELECTRONIC COMMERCE)
Perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet.
Internet banking, pembelian dan penyediaan barang, toko online, merupakan beberapa bentuk perdagangan secara elektronik.
Keuntungan bagi perusahaan dengan adanya e-commerce antara lain :
Memungkinkan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang.
Tidak perlu membuka banyak cabang distribusi.
Biaya yang dikeluarkan dapat dikurangi.
Harga barang dapat dijual dengan lebih rendah, sehingga barang lebih
banyak yang laku.
Barang yang dijual lebih murah dapat meningkatkan daya saing
perusahaan.
Keuntungan bagi konsumen dengan adanya e-commerce antara lain :
Tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang.
Dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja.
Mempunyai lebih banyak pilihan.
Dapat membeli barang yang terdapat di negara lain.
Harga barang yang dibeli menjadi lebih rendah.
VI. INTERNET BANKING
Aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor, atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet.
Dikenal juga dengan sebutan Electronic Banking, Cyberbanking, Virtual Banking, Home Banking, dan Online Banking.
Memberi keuntungan kepada nasabah bank karena nasabah tidak perlu lagi datang ke bank untuk melakukan transaksi.
Memungkinkan bank untuk mengurangi biaya operasional.
Transaksi yang dapat dilakukan antara lain, transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, informasi rekening, dsb.
VII. BELAJAR JARAK JAUH
Faktor yang harus dipenuhi agar internet dapat dimanfaatkan sebagai media belajar jarak jauh :
Institusi penyelenggara
Pengajar
Siswa
Teknologi
VIII. KEAMANAN DATA DALAM TRANSAKSI DI INTERNET
Hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga transaksi yang aman melalui toko online dan internet banking antara lain :
Memahami prosedur yang diberikan oleh bank.
Pastikan telah logout dari layanan tersebut setelah selesai digunakan.
Jangan meninggalkan komputer jika sedang login di internet banking.
Lengkapi komputer dengan antivirus yang selalu aktif dan up to date.
Gunakan komputer pribadi untuk mengakses layanan toko online dan internet banking.
Menjaga dengan aman informasi tentang nomor katu kredit, user ID, dan password kita
BAB II
JARINGAN KOMPUTER
DAN
KOMUNIKASI DATA
I. PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER
Merupakan kumpulan komputer yang terhubung antara yang satu dengan yang lainnya.
Dalam sebuah jaringan terdapat sebuah komputer server dan komputer client.
Komputer server berfungsi untuk mengatur aliran data dalam jaringan dan penyedia sumber yang dibutuhkan oleh komputer-komputer client.
Sumber dapat berupa data, program, file, dsb.
Komputer client adalah komputer yang menerima pelayanan.
Komputer server dapat berperan sebagai web server yang berfungsi untuk menyimpan halamn-halamn web dari sebuah situs web dan juga sebagai main server.
Manfaat dari jaringan komputer antara lain :
Membagi sumber daya
Sumber daya dapat berupa perlengkapan komputer maupun data-data, file-file, dan program-program.
Reliabilitas tinggi
Jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengopikan data-data ke komputer lain. Dengan demikian, apabila salah satu komputer rusak dandata-data yang disimpan di dalamnya hilang, kita masih dapat menggunakan data yang disimpan di komputer lain.
Menghemat uang
Dengan menggunakan jaringan, perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer.
Sarana komunikasi
Dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi, misalnya mengirimkan pengumuman rapat melalui jaringan komputer yang ada.
II. BERBAGAI JENIS JARINGAN
Dapat dibedakan menjadi dua, yaitu jaringan kabel dan jaringan tanpa kabel atau nirkabel (wireless network).
Jaringan kabel adalah jaringan komputer yang secara fisik dihubungkan dengan kabel-kabel jaringan.
Jaringan tanpa kabel adalah jaringan komputer yang dihubungkan dengan menggunakan gelombang radio.
Berdasarkan area yang dicakupnya, jaringan komputer dibagi menjadi empat, yaitu :
Local Area Network (LAN)
Jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran.
Digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat di dalam gedung atau kantor tersebut.
Memungkinkan suatu perusahaan atau pabrik dapat menggunakan sumber daya secara bersama-sama.
Komputer yang terhubung kebanyakan hanya berjarak beberapa puluh meter.
Metropolitan Area Network (MAN)
Merupakan jaringan LAN dalam versi yang lebih besar.
Digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan, misalnya kantor-kantor pemerintah yang terdapat dalam sebuah kota.
Wide Area Network (WAN)
Jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis.
Dapat mencakup sebuah negara atau benua.
Banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang daerah operasinya mencakup beberapa negara yang terletak di berbagai belahan dunia.
Digunakan oleh negara-negara yang telah maju untuk menghubungkan database antardaerah.
Internet
Merupakan jaringan yang sangat besar yang mencakup seluruh dunia.
Merupakan kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN yang ada di seluruh dunia.
III. PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER
Server
Komputer server umumnya mempunyai sistem operasi, aplikasi, dan database yang menyediakan layanan kepada komputer-komputer lain dalam jaringan.
Client
Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server.
Kartu jaringan
Perangkat keras jaringan yang dipasangkan di motherboard komputer yang terdapat di jaringan (baik server maupun client).
Memungkinkan komputer-komputer yang terdapat dalam jaringan saling berkomunikasi dan mempertukarkan data-data.
Hub
Berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN Card dan sebagai penguat sinyal.
Memungkinkan sebuah kabel dari komputer server dihubungkan ke beberapa komputer client dan memungkinkan jarak komputer yang dihubungkan oleh kabel jaringan menjadi lebih jauh.
Kabel dan konektor
Merupakan kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain.
Kabel yang umum digunakan di jaringan adalah kabel UTP.
Repeater
Berfungsi untuk memperkuat sinyal di jaringan.
Bridge
Merupakan perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan yang lain/
Router
Berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain.
Ada dua jenis, router dedicated yang merupakan keluaran dari pabrik dan router PC.
IV. KOMUNIKASI DATA
Merupakan proses pengiriman dan penerimaan data dari dua komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan.
Komunikasi data antara dua komputer dilakukan dengan menggunakan protokol-protokol.
Protokol adalah aturan-aturan yang membuat dua buah komputer saling mengerti satu dengan yang lain. Dapat juga disebut bahasa komunikasi komputer.
Salah satu protokol komunikasi data yang banyak digunakan adalah TCP/IP (Transfer Control Protocol / Internet Protocol) yang merupakan sebuah kumpulan protokol yang bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data.
TCP/IP mempunyai kelebihan dapat mengomunikasikan dua buah komputer yang berbeda jenis dan sistem operasi yang digunakan.
TCP/IP terdiri dari empat lapis kumpulan protokol / layer, yaitu :
Application layer
Berfungsi sebagai interface (antarmuka) antara pengguna dengan data.
Terdapat semua aplikasi yang menggunakan protokol TCP/IP.
Transport layer
Berfungsi untuk mengadakan komunikasi antara dua komputer.
Terdapat protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol)
Internet layer
Terdiri dari protokol IP, ARP, dan ICMP.
IP berfungsi untuk menyampaikan paket data ke alamat yang tepat.
ARP berfungsi untuk menemukan alamat hardware dari komputer yang terletak pada jaringan yang sama.
ICMP berfungsi untuk mengirimkan pesan dan melaporkan kegagalan pengiriman data.
Network interface layer
Berfungsi untuk mengirimkan dan menerima data dari media fisik jaringan.
Proses penambahan header disebut dengan istilah encapsulation.
Kemampuan jaringan melewatkan data tergantung kepada lebar pita jaringan (bandwidth).
Kemampuan jaringan untuk melewatkan data diukur dengan satuan bits per second atau bps.
V. KEAMANAN DATA DALAM JARINGAN
Terdapat dua bentuk aktivitas terhadap jaringan komputer, yaitu hacking dan cracking.
Hacking adalah usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan sistem jaringan secara ilegal. Pelakunya disebut hacker.
Cracking adalah usaha memasuki sebuah jaringan secara ilegal dengan maksud mencuri, mengubah, atau menghancurkan file atau data yang disimpan di komputer-komputer yang ada di jaringan tersebut, Pelakunya disebut cracker.
Beberapa metode hacker dan cracker antara lain :
Spoofing
Bentuk penyusupan dengan cara memalsukan identitas user sehingga hacker bisa login ke sebuah jaringan komputer secara ilegal.
Scanner
Menggunakan sebuah program yang secara otomatis akan mendeteksi kelemahan sistem keamanan sebuah jaringan komputer di jaringan lokal ataupun di jaringan lain.
Sniffer
Berfungsi sebagai penganalisis jaringan dan bekerja untuk memonitor jaringan komputer.
Password cracker
Dapat membuka password yang sudah dikodekan.
Destructive devices
Berupa virus yang dibuat untuk menghancurkan data-data.
Beberapa teknik pengamanan data antara lain :
Internet Firewall
Berfungsi untuk mencegah akses dari pihak luar ke sistem internal.
Bekerja dengan dua cara, yaitu menggunakan filter dan proxy.
Kriptografi
Merupakan seni menyandikan data.
Terdapat dua proses, yaitu enkripsi dan deskripsi.
Enkripsi adalah proses mengubah data asli menjadi data sandi.
Deskripsi adalah proses mengembalikan data sandi menjadi data asli.
Data asli disebut plain teks, sedangkan data sandi disebut cipher teks.
Secure Socket Layer (SSL)
Berfungsi untuk menyandikan data.